Belajar Makin Asyik dengan Mind Mapping

bahaya narkoba
Tips Menghindari Diri dari Pengaruh Narkoba
26 Juni 2019

Belajar Makin Asyik dengan Mind Mapping

belajar-jenis-benda-dengan-mind-map

Mind mapping atau peta pikiran adalah metode memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep suatu permasalahan berbentuk cabang-cabang sel saraf menuju suatu pemahaman. Metode ini awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog dari Inggris pada tahun 1974. Belajar menggunakan mind mapping dapat mempercepat kita dalam proses pemahaman suatu masalah atau pelajaran. Hal ini terjadi karena metode mind mapping memberikan gambaran secara keseluruhan dan ringkas sehingga mudah diterima oleh otak. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari penggunaan mind mapping.

  1. Tema utama sangat jelas karena diletakkan di tengah.
  2. Informasi yang disampaikan mind mapping mudah diterima.
  3. Lebih mudah dipahami dan diingat karena bentuknya yang unik.
  4. Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci dalam proses pembuatannya.
  5. Meningkatkan kreativitas dalam mengelola informasi.

Setelah mengetahui manfaat penggunaan mind mapping, tentunya kamu ingin membuatnya juga bukan? Berikut ini cara membuat mind mapping.

  1. Membuat ide utama

Hal yang pertama kali harus ditentukan adalah ide utama. Ide utama ini akan dapat kita kembangkan nantinya. Ide utama ini akan diletakkan di bagian tengah dengan ukuran yang lebih besar.

 

  1. Membuat cabang-cabang

Ketika membaca sebuah topik pembelajaran, tentunya akan ada bagian-bagian yang merupakan penjabaran dari topik atau ide utama tersebut. Oleh karena itu, dibuatlah cabang-cabang yang akan membantu kita dalam menjelaskan isi dari ide utama tersebut. Kemudian, tulislah kata kunci pada setiap cabang.

 

  1. Membuat sub cabang

Buatlah beberapa sub cabang atau ranting sebagai bentuk penjabaran dari setiap cabang yang sudah ada. Tambahkan kata kunci pada masing-masing ranting, sehingga kata kunci tersebut berhubungan dengan cabangnya.

 

  1. Menggunakan spidol warna-warni

Catatan mind mapping akan semakin menarik jika menggunakan spidol warna-warni, sehingga kamu akan mudah memamahaminya dan tidak cepat merasa bosan dalam belajar.

 

  1. Sisakan ruang untuk penambahan

Pencatatan dengan metode mind mapping biasanya akan selalu dilakukan modifikasi dan penambahan sub tema dalam pembuatannya. Ruang yang tersisa tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambahkan informasi yang kurang.

 

Sumber gambar: https://dunianyaanakkita.blogspot.com

Demikian penjelasan mengenai mind mapping dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *