Tips Menumbuhkan Sikap Berpikir Positif

selamat hari olahraga
Ingin Tubuh Tetap Fit, Ingat Empat Manfaat Penting Olahraga
7 September 2018
ulangan harian SD
Tips Sukses Hadapi Ulangan Harian SD
19 September 2018

Tips Menumbuhkan Sikap Berpikir Positif

menumbuhkan sikap positif

Berpikir positif (positive thinking) adalah cara pandang seseorang dalam menyikapi berbagai hal dari sudut pandang yang lebih baik. Berpikir positif memiliki peran penting dalam pembentukan karakter seseorang. Selain dapat memberikan motivasi untuk lebih baik, berpikir positif juga dapat membuat masalah menjadi lebih ringan. Oleh karena itu, peran orangtua sangat penting dalam mengajarkan anak untuk berpikir positif sejak dini. Berikut terdapat lima tips yang dapat dilakukan anak.

 

  • Selalu Bersyukur

 

Sumber dari pikiran negatif adalah kurangnya rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang diperoleh. Bersyukur dapat membantu kita untuk berpikir positif karena apa yang kita peroleh dianggap cukup dan dipenuhi dengan rasa terima kasih. Sebagai seorang anak, salah satu contoh sikap bersyukur adalah belajar dan mengejar ilmu, serta taat menjalankan perintah agama. Mengapa demikian? Jika kita melihat ke bawah, banyak saudara kita yang ingin sekali bersekolah tetapi terkendala karena keterbatasannya. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan.

 

  • Belajar Disiplin

 

Hal yang paling sulit adalah mengatur dan memimpin diri sendiri. Menjadi pemimpin bagi diri sendiri akan membuat kita lebih disiplin sehingga tercipta suatu pemikiran yang positif. Orang yang mengalami masalah biasanya disebabkan karena kurang disiplin sehingga membuat lebih sering mengalami stress dan tertekan. Salah satu contoh sikap disiplin yang dapat dilakukan di sekolah adalah menaati dan menjalankan peraturan sekolah.

 

  • Berkumpul dengan Orang yang Mempunyai Kebiasaan Baik

 

Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pola kebiasaan baik dapat membawa kita menjadi pribadi yang lebih bijak. Kebiasaan yang ditularkan pun ikut positif. Dalam kehidupan sehari-hari, jika kita bergaul dengan anak-anak yang rajin dan pintar, maka kita akan termotivasi untuk menjadi seperti mereka. Sebaliknya, jika kita bergaul dengan teman yang sering membolos, maka kita akan terbawa menjadi orang yang pemalas. Tidak ada salahnya bergaul dengan orang yang berpikir positif karena kita sendiri yang akan merasakan manfaatnya.

 

 

  • Memperbanyak Senyum dan Berbuat Baik

 

Tersenyum merupakan cara ampuh untuk menciptakan pola pikir positif. Senyum dapat membuat orang lain menyukai kita, sehingga sudut pandang orang lain terhadap kita pun akan positif. Selain senyum, kita juga dapat berbuat baik kepada orang lain. Terkadang kita pernah berburuk sangka terhadap orang lain tanpa mengetahui apa yang ada dan dimiliki olehnya. Dengan berbuat baik, orang lain akan menghormati dan menghargai kita. Di kehidupan sehari-sehari, kita harus banyak menebar senyuman dan kebaikan dengan cara saling menghormati antarsesama dan tidak bersikap acuh kepada orang lain yang membutuhkan bantuan.

 

 

  • Memotivasi Diri Sendiri untuk Lebih Baik

 

Dalam menghadapi berbagai hal termasuk hal buruk, kita harus menghadapinya dengan tenang dan tetap berpikir positif. Hal buruk tersebut jangan kita hindari dan tetap harus dihadapi. Contohnya di sekolah, saat akan menghadapi ujian yang sulit, kita dapat menghadapinya dengan mudah apabila kita berpikir positif dan yakin dapat melewatinya dengan baik. Dengan memberikan motivasi pada diri sendiri, akan menumbuhkan pemikiran positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk melalui segala tantangan yang ada.


Demikian penjelasan mengenai tips untuk menanamkan pola berpikir positif pada anak yang dapat diterapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

ade
ade

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *