Memaknai Peringatan Hari Pahlawan

Master Kisi-Kisi USBN SDMI 2020
Hadapi Ujian Sekolah dengan Buku Master Kisi-Kisi USBN SD/MI 2020
4 November 2019

Memaknai Peringatan Hari Pahlawan

hari pahlawan

Di Indonesia, Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Berdasarkan sejarahnya, dahulu terjadi pertempuran hebat di Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini merupakan perlawanan rakyat Surabaya terhadap tentara Sekutu. Puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945. Di bawah pimpinan Gubernur Suryo dan Bung Tomo, rakyat Surabaya bertekad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini merupakan pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Pertempuran Surabaya berlangsung sampai awal Desember 1945. Untuk memperingati kepahlawanan rakyat Surabaya, maka tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan

Memaknai Hari Pahlawan adalah hal yang penting karena merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah mempertahankan NKRI. Cara memaknai Hari Pahlawan tidak perlu dengan mengangkat senjata seperti zaman dahulu. Kita dapat mengambil nilai-nilai kepahlawanan untuk diteladani. Nilai-nilai apa saja yang dapat diambil? 

  1. Rela Berkorban

Rela berkorban adalah salah satu nilai yang dimiliki oleh seorang pahlawan. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara sangat penting, terlebih saat ini. Tanpa adanya jiwa yang rela berkorban, Indonesia tidak akan seperti sekarang ini.

2. Kepemimpinan

Sifat kepimpinan sangat melekat pada diri pahlawan-pahlawan yang terdahulu. Kepemimpinan ini sangat penting dalam mengajak bangsa ke arah yang lebih baik. Nilai kepemimpinan tentunya harus kita miliki. Hal tersebut berguna agar dapat menjadi pemimpin yang mampu memimpin negeri ini di masa mendatang.

3. Tanggung Jawab

Tanggung jawab seorang pahlawan tidaklah mudah, yaitu memperjuangkan kemerdekaan. Pahlawan harus menerima risiko dari tanggung jawab yang telah dipikulnya. Nilai tanggung jawab ini harus dicontoh oleh masyarakat muda yang akan memegang tanggung jawab untuk negeri ini.

4. Berani

Keberanian sangat melekat pada diri pahlawan. Tidak akan menjadi pahlawan jika tidak memiliki keberanian. Kita harus berani dalam mengambil keputusan untuk menentukan sikap dan respons terhadap sesuatu tantangan atau masalah. Namun, suatu keberanian pasti akan menimbulkan risiko yang harus dihadapi. Meskipun demikian, kita harus tetap teguh mempertahankan keputusan yang telah diambil.

Sumber gambar: boombastis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *