Persiapan Pendaftaran Masuk Sekolah

mengisi liburan lebaran
Menyambut Libur Lebaran
12 Juni 2018
mengisi liburan kenaikan kelas
Mengisi Liburan Kenaikan Kelas dengan Kegiatan yang Bermanfaat
26 Juni 2018

Persiapan Pendaftaran Masuk Sekolah

Tahun ajaran baru 2018/2019 telah tiba. Pendaftaran masuk sekolah baru pun sudah banyak yang dibuka. Ada yang akan mendaftar SD dan ada juga yang baru lulus SD akan mendaftar di SMP. Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika memasuki sekolah baru agar kita dapat merasa nyaman. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan saat masuk ke sekolah baru.

1. Menentukan Pilihan Sekolah
Jalur pendaftaran sekolah ada yang memberlakukan sistem zonasi, di mana kita hanya bisa mendaftar ke sekolah yang dekat dengan tempat tinggal (berdasarkan zona sekolah). Oleh karena itu, kita harus mengetahui sekolah mana saja yang berada dalam zona tempat tinggal kita. Setelah itu, buatlah urutan sekolah yang akan dituju. Saat pendaftaran, kita bisa memilih maksimal 3 sekolah.

2. Mengecek Passing Grade Tahun Sebelumnya
Kita dapat memperkirakan peluang masuk ke sekolah dengan melihat passing grade tahun sebelumnya. Kalian dapat bertanya pada guru atau mencari di web resmi pendaftaran sekolah untuk mengecek passing grade sekolah. Setelah itu, buatlah urutan sekolah yang akan dituju berdasarkan urutan passing grade.

3. Mencari Informasi Akurat Tentang PPDB
PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) ada yang dilaksanakan dengan mendaftar langsung ke sekolah dan ada yang dilaksanakan secara online di beberapa kota, termasuk Jakarta. Sebelum mendaftar, kita harus mengetahui jadwal pelaksanaan dan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar ke sekolah. Kita dapat mencari informasi tersebut langsung ke sekolah yang dituju atau secara online melalui web resmi PPDB https://siap-ppdb.com/.

4. Memantau Proses PPDB
Setelah mendaftar ke sekolah, kita harus memantau posisi/peringkat kita pada sekolah tersebut. Kita dapat melihat langsung bagaimana posisi/peringkat kita di sekolah yang kita tuju. Apabila posisi sudah mendekati batas daya tampung, kemungkinan beberapa jam setelahnya kita akan tersingkir dan berada pada pilihan selanjutnya. Jika mendaftar secara online, sebaiknya tunggu terlebih dahulu dengan terus memantau situs PPDB online, lalu kita dapat melihat peluang apakah dapat lolos atau tidak di sekolah yang dituju.

Demikian informasi mengenai tips dalam melakukan persiapan masuk sekolah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *