Tips Menghindari Kebiasaan Menyontek

Latihan Mengerjakan Soal US/M SD/MI
21 Agustus 2017
Pentingnya Pengetahuan Umum Untuk Siswa Sekolah Dasar
17 Oktober 2017

Tips Menghindari Kebiasaan Menyontek

tip jangan nyontek

Belajar merupakan suatu proses untuk memahami ilmu pengetahuan yang ada di lingkungan kita. Dalam proses belajar di sekolah, terkadang kita sering dihadapkan dengan materi-materi pelajaran yang cenderung sulit untuk dipahami. Selain itu, kita juga dihadapkan dengan ulangan harian, ujian tengah semester, dan masih banyak lagi. Sebagai siswa, tentunya kita berharap memperoleh nilai yang terbaik. Terkadang untuk mendapatkannya, kita sering menggunakan cara curang seperti menyontek.

Menyontek bukan merupakan perbuatan yang terpuji. Menyontek bisa terjadi kapan saja, misalnya saat sedang mengerjakan tugas harian, atau pun ujian. Banyak faktor yang bisa menyebabkan siswa menyontek, seperti materi pelajaran yang sulit, tidak percaya diri dengan kemampuan sendiri, malas belajar, dan masih banyak hal lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menghindari kebiasaan menyontek agar siswa tidak membiasakan diri menyontek atau setidaknya dapat mengurangi kebiasaan dalam menyontek.

  1. Menanamkan sifat jujur. Sifat jujur ini sudah seharusnya ditanamkan sejak dini. Guru dan orang tua bisa mengajarkan dan menanamkan kesadaran kepada anak agar jujur dalam belajar. Lebih baik mendapat nilai rendah dengan cara mengerjakan sendiri (jujur) daripada mendapat nilai tinggi dengan menyontek.

 

  1. Memberikan nasihat bahwa menyontek bukan cara untuk menyelesaikan masalah. Hal ini perlu ditanamkan juga agar siswa sadar bahwa menyontek tidak boleh dianggap sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah. Jika dengan menyontek bisa membuat tugas atau masalah menjadi selesai, itu pun hanya bersifat sementara. Menyontek justru dapat menimbulkan masalah lainnya, seperti kita menjadi lebih malas atau kesulitan dalam memahami materi pelajaran.

 

  1. Memuji hasil pekerjaan siswa. Apapun yang hasil yang diperoleh siswa, hendaknya setiap usaha patut diapresiasi walaupun masih memperoleh nilai yang rendah. Hal ini bertujuan agar siswa tidak patah semangat dan terpaku terhadap nilai yang diperoleh. Selain itu, dengan memberikan pujian terhadap nilai yang sudah ada, siswa menjadi lebih termotivasi untuk rajin belajar serta meningkatkan prestasi di sekolah.

 

  1. Rajin belajar. Kebiasaan menyontek dapat diatasi dengan belajar lebih giat dan rajin berlatih mengerjakan soal latihan. Dengan rajin belajar, kemampuan siswa akan semakin bertambah dan lebih percaya diri dalam menghadapi ujian.

 

ade
ade

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *